Ini Lho Fungsi Setangan Leher Pramuka

Sumber : Fb Scoutmags


Setangan leher atau yang juga dikenal dengan nama hasduk, memiliki beberapa fungsi yang bisa digunakan ketika situasi darurat. 

Sejak awal kepanduan berdiri, Baden Powell memang mendesain seragam pandu agar bisa diandalkan diberbagai medan. 

Fungsi dari setangan leher Pramuka pada mulanya hanyalah sebagai penanda ciri khas gerakan kepramukaan. 

Hal ini bisa dilihat bagaimana orang awam mengidentifikasi seorang Pramuka hanya dari setangan lehernya. 

Namun bukan hanya sekedar penanda atau alat identifikasi belaka, setangan leher punya fungsi-fungsi yang jarang disadari oleh para penggunanya. Berikut beberapa fungsi tersebut. 

1. Sebagai Pembalut Mitela
Bentuknya yang segitiga sangat memudahkan apabila setangan leher Pramuka digunakan sebagai pembalut mitela. Ini bisa dipakai apabila seorang Pramuka menemui seseorang dengan patah tulang, maka setangan leher Pramuka dapat dipakai sebagai alat bantu fiksasi agar posisi tulang tidak bergeser dan menimbulkan masalah baru. 

2. Sebagai penutup mulut atau masker
Pada situasi tertentu seperti asap pekat dan kabut tebal, wajah seorang Pramuka harus ditutup dengan sehelai kain untuk melindungi diri. Setangan leher pramuka bisa digunakan sebagai masker, terlebih di era pandemi seperti saat ini. 

3. Sebagai alat ikat darurat
Setangan leher Pramuka bisa dipakai untuk mengikat sesuatu yang sifat darurat. Contohnya ketika harus mengikat rakit yang digunakan menyeberang sungai, setangan leher bisa digunakan sebagai salah satu alat ikat darurat. 

4. Sebagai tempat atau wadah barang
Setangan leher sangat berguna apabila seorang Pramuka berkegiatan di alam bebas. Salah satunya ketika harus mengambil kayu bakar, seorang Pramuka memerlukan alat bantu untuk memudahkannya membawa tumpukan kayu. Setangan leher dapat dipergunakan sebagai holder dari tumpukan kayu tersebut.

Nah, itu tadi beberapa fungsi dari setangan leher Pramuka. Bagaimana? Multifungsi bukan? Jangan segan untuk menggunakannya, dan tetap be prepared!.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.