Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Sumber : foto pribadi penulis

Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu dapat ditempuh dari Solo selama kurang lebih 1,5-2 jam. Apabila anda dari luar kota, bila naik bus bisa berhenti di Terminal Tirtonadi Solo, kemudian lanjut ke bus arah Tawangmangu. Beberapa PO bus yang bisa kalian pilih ke arah Tawangmangu ada Langsung Jaya dan Rukun Sayur. Tarifnya hanya 20k, dan berhenti sampai Terminal Pasar Tawangmangu.

Bila sudah sampai Terminal Pasar Tawangmangu, anda harus sekali lagi pindah transportasi dengan menaiki ojek ke arah Cemoro Sewu. Ongkos ojek dari Pasar Tawangmangu ke Cemoro Sewu sekitar 15k-25k. Itu bisa lebih murah, tergantung bagaimana kita menawarnya.

Setelah sampai di Cemoro Sewu anda harus melakukan registrasi. Siapkan kartu identitas kalian dan bayar simaksi seharga 15k. Setelah itu anda bisa menikmati jalur Cemoro Sewu.

BC-POS 1
Dari basecamp ke Pos 1, anda akan langsung bertemu medan batu yang menanjak. Dari bc ke pos 1 kalian akan disuguhkan hutan pinus yang cukup rapat di kiri dan kanan jalan. Sebelum Pos 1, ada sumber mata air yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi persediaan air selama perjalanan. Di pos mata air ini ada juga kamar mandi yang bisa dimanfaatkan. Estimasi waktu dari BC ke Pos 1 adalah sekitar 30-45 menit, tergantung kecepatan masing-masing.

POS 1-POS 2
Tiba di pos 1 anda akan menemukan warung yang cukup lengkap di kiri jalan. Kalian bisa beristirahat di pos tidak jauh dari warung tersebut. Selanjutnya menuju Pos 2, anda akan terus menanjak dengan medan berbatu. Kiri dan kanan jalan akan disuguhkan hutan rapat. Estimasi perjalanan dari pos 1 ke pos 2 adalah sekitar 1 jam.

POS 2-POS 3
Setelah sampai di Pos 2, anda bisa meneruskan perjalanan. Sampai di Pos 3 ada warung yang juga bersebelahan dengan shelter yang bisa kalian manfaatkan untum beristirahat. Ingat, jangan pernah mendirikan tenda di dalam shelter ya guys. Estimasi perjalanan dari pos 2 ke pos 3 adalah 2 jam.

POS 3-POS 4
Lepas pos 3, jalur makin menanjak dan berbentuk tangga. Disinilah dengkul kalian diuji. Belum lagi akan ada beberapa percabangan jalan yang memotong. Bisa dibilang jalur itu adalah jalur yang dibuat agar cepat mencapai puncak. Tapi jelas, sidatan tersebut akan lebih menanjak daripada jalur semestinya. Jalur ini harus kalian tempuh sekitar 3 jam.

POS 4-POS 5 JOLOTUNDO
Sampai di pos 4, kalian akan melihat hamparan hutan di bawah kalian. Anda juga akan melihat batuan kapur yang ada di dekat plakat pos 4. Ada beberapa space kosong yang bida dimanfaatkan untuk mendirikan tenda. Tapi tetap berhati-hati, karena pos 4 memiliki medan yang cukup terbuka dan tidak banyak pohon menutupi. Perjalanan je pos 5 anda akan terus menanjak dan kiri kanan jalur terdapat ilalang yang cukup tinggi. Hingga kalian menemukan warung saling berhadapan, anda sudah mencapai Pos 5. Setelah warung, ada percabangan jalan. Bila kita menuju campsite bisa ambil ke kiri. Sedangkan kanan anda akan menemukan punggungan yang tembus hingga Sendang Drajat. Estimasi pos 4 ke pos 5 adalah 1 jam.

POS 5-SENDANG DRAJAT
Ambil percabangan ke arah kanan, lalu ikuti hingga menemukan punggungan yang cukup terbuka. Setelah itu anda akan menemukan Sendang Drajat. Estimasi perjalanan sekitar 30 menit.

SENDANG DRAJAT-HARGO DUMILAH
Dari sendang drajat ambil arah ke puncak, melewati lembahan yang penuh tanaman edelweiss. Ingat jangan sekalipun memetik bunga ini ya guys. Estimasi dari Sendang Drajat ke Puncak Hargo Dumilah adalah 1 jam.

Itulah total estimasi pendakian lawu via Cemoro Sewu.