Scoutlook, Outfit Keren dan Fleksibel Khas Pramuka

Scoutlook menurut saya merujuk pada pakaian yang menunjukkan ciri khas kepanduan. Ini ditunjukkan dengan adanya  badge yang menempel pada pakaian tersebut. Ditambah lagi dengan memakai tambahan scraft, scoutlook menjadi lebih keren dan menonjolkan sisi kepanduan.

Saya sendiri sudah berulang kali mencoba membangun scoutlook. Pasalnya, pakaian yang satu ini cocok sekali digunakan karena fleksibilitasnya. Seorang Pramuka tidak perlu khawatir untuk berkreasi dengan memadukan berbagai patch di seragam scoutlook mereka. Ini dikarenakan scoutlook tidak dibakukan dalam peraturan mengikat, berbeda dengan seragam pramuka lengkap pada umumnya. Kita juga bisa membangun scoutlook dengan bahan yang beragam, yang sekiranya cocok dengan profil atau kebutuhan di lapangan. 

Saya sendiri menggunakan kemeja outdoor berbahan ripstok. Bahan ini, meski ada banyak versi dan jenis, pada umumnya lebih cepat kering daripada bahan kain lain. Ini cukup membantu ketika harus bergerak di alam terbuka. Tak perlu pusing apabila basah kuyup, bahkan berdasarkan pengalaman yang saya alami, bahan ripstok ini bisa kering hanya dengan mengandalkan radiasi panas api unggun. Sungguh mendukung sekali untuk berkegiatan di alam bebas. 

Saya juga berkreasi dengan patch yang saya beli dari toko online. Nuansa yang ingin saya angkat memang berbau survival, namun tidak melepaskan ruh kepanduannya. Set scoutlook saya lengkapi dengan scraft ungu yang saya peroleh sejak saya masih aktif di Dewan Penggalang semasa SMP. Entah mengapa secara tidak sengaja, warnanya terlihat padu dengan scoutlook yang saya bangun. 

Seragam ini jadi andalan ketika harus berkegiatan di lapangan, terlebih pada kegiatan tertentu yang memerlukan fleksibilitas gerak. Alasan lain kenapa saya membangun scoutlook karena seragam pramuka lengkap umumnya memang di setting sebagai seragam harian mirip PDH. Jelas kurang nyaman bila dipakai bergerak di medan alam bebas. 

Fleksibilitas, kreasi, dan battle proven adalah kesimpulan yang bisa diambil dari pakaian yang satu ini. Scoutlook, memudahkan kita untuk membumikan kepanduan sebagai salah satu pendidikan non formal. Bentuknya yang unik dan cukup 'eye catching' itu, saya yakin mampu menarik animo dan ketertarikan masyarakat akan Gerakan Kepanduan Pramuka. 
Salam pandu!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.