4 Hari Beroperasi Menangani Banjir Solo, Pramuka Peduli Pulang Kandang.

Sumber : dok. Pramuli Solo/ Linggar Mahez



GUBUKBERKISAH.MY.ID- Banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Solo sejak Kamis (15/2/2023) malam, mendorong semangat kemanusiaan anggota Pramuka Peduli Solo untuk membantu masyarakat. 

Meski masih menemui beberapa kendala internal seperti kekurangan APD memadai dan jumlah personel yang tidak banyak, hal tersebut tidak menyurutkan jiwa kerelewanan anggota Pramuka Peduli untuk terus berbhakti untuk masyarakat.

Setelah adanya laporan banjir pada Kamis (15/2) malam, personel Pramuli bergabung dengan Tagana Dinas Sosial Surakarta untuk ikut merespons banjir Solo. 

“Kami merapat sejak pukul 16.00 sore (Kamis), langsung bantu ambil kendaraan DU Tagana di TMP. Tapi mogok, sehingga pukul 20.00 baru bisa merapat ke Kelurahan Jagalan”, ujar Linggar, anggota Pramuka Peduli Solo. 

Dari tindakan awal, SRC-PB Pramuka Peduli Solo memutuskan untuk mengadakan Operasi Kecil untuk membantu Tagana dan masyarakat sekitar dalam mempercepat pemulihan pasca banjir di Solo.

“Ada 8 personel kami yang bergantian bertugas di dapur umum, bantuan evakuasi warga, dan distribusi logistik selama 4 hari ini”, ucap Nino, Kasi SRC-PB Pramuka Peduli Solo. 

Ia menuturkan bahwa selama operasi berlangsung seluruh anggota dalam keadaan sehat dan fit untuk bertugas. 

“Sekalipun kehujanan selama 3 hari berturut-turut, syukur anggota kami sehat semua, ini menunjukkan memang terbina dengan baik.” Lanjutnya. 

Minggu (19/2) pagi, seluruh personel ditarik dan kembali ke rumah masing-masing. 

Operasi resmi ditutup, namun siaga markas tetap diadakan memperhitungkan adnya kemungkinan respon bencana lain. Selain anggota Pramuka Peduli yang ikut terjun ke bencana banjir Solo, terdapat juga bantuan dari personel pangkalan. 

“Sejumlah anggota Pramuka dari SMKN 3 Surakarta bergabung di bawah kendali operasi Pramuka Peduli Solo di pos dapur umum.”, ujar Jiwo, Kabid Ops Pramuka Peduli Solo. 

Ia mengucapkan terimakasih atar bantuan seluruh unsur Pramuka yang telah bergabung di bantuan kemanusiaan ini.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.