4 Teknik Membuat Api Tanpa Korek

Meski sudah ada alat pemantik api modern seperti korek api gas maupun korek pantik, kemampuan membuat api tanpa korek mesti dipelajari khususnya bagi Pramuka dan pegiat alam terbuka. 
Kemampuan ini juga sangat membantu lebih-lebih jika bertemu kondisi survival yang mengharuskan dapat membuat perapian untuk menghangatkan diri dan memasak. 

1. Fire starter
Cara ini mengharuskan setiap individu agar mempersiapkan alat sebelum bergerak di alam bebas. Fire starter atau ferocerium rod merupakan bahan alami yang dapat memercikkan api bila digesekkan dengan benda lain. Kelebihannya, api lebih mudaj tersulut. Namun kekurangannya harus mencari tinder atau bahan penyulut api yang mudah terbakar seperti pinewood, atau kapas. 

2. Flint and steel
Teknik ini juga mirip seperti fire starter namun menggunakan bantuan gesekkan batu dan besi. Sayangnya, tidak semua batu bisa digunakan untuk teknik ini. Batu yang digunakan harus mengandung besi dan mudah memercikkan api. Sama seperti fire starter, teknik ini mengharuskan penggunannya untuk mencari tinder yang mudah terbakar

3. Hand drill
Teknik ini bisa dibilang teknik primitif. Menggunakan gesekan antar kayu kering yang dilakukan dengan memutar tongkat ke atas papan kayu kering secara manual dengan tangan. Hand drill memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi bagi yang belum terbiasa berlatih teknik ini. Setelah gesekkan dilakukan bertubi-tubi hingga muncul bara dari hasil gesekan, pindahkan bara itu ke daun kering atau rumput kering untuk memicu pembakaran. 

4. Bow drill
Cara ini juga mirip seperti hand drill, namun menggunakan alat bantu tambahan yang terbuat dari kayu. Bentuknya seperti busur, dan cukup efisien membantu memutar tongkat. Pengguna harus cukup bersabar hingga bara muncul lalu memindahkannya ke tinder. 

Itulah beberapa cara yang bisa digunakan sebagai opsi darurat ketika membuat api di alam terbuka. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.