5 Simpul Dasar Tali Temali Pramuka

 

Sumber : dok.pribadi

Simpul pangkal adalah simpul yang digunakan untuk mengawali sebuah ikatan. Simpul ini juga bisa digunakan sebagai pengikat tali penarik tenda. Simpul ini adalah salah satu simpul dasar yang wajib dikuasai oleh seorang Pramuka. Banyak kegiatan di alam bebas yang memerlukan simpul pangkal sebagai sarana mempermudah kita. 

Sumber : dok.pribadi

Simpul jangkar adalah simpul dasar selanjutnya yang harus dikuasai oleh Pramuka. Simpul ini sangat mudah dibuat, dan sering digunakan untuk mengikat ujung tongkat penahan tenda. Simpul ini juga bisa digunakan untuk menarik benda dan mengikat sebuah barang yang sifatnya sementara serta mudah sekali dilepas. 

Sumber : dok.pribadi

Simpul mati sangat mudah dibuat. Simpul ini digunakan untuk mengikat benda yang sifatnya untuk jangka waktu yang cukup lama. Mudah sekali dilepas meski ditarik sekuat apapun adalah ciri khas dari simpul mati. Selain digunakan untuk mengikat benda dalam waktu yang cukup lama, simpul mati juga digunakan sebagai simpul untuk menyambung dua tali yang sama besarnya. 

Sumber : dok.pribadi

Simpul hidup digunakan untuk menarik sebuah benda yang sifatnya sementara. Simpul ini memiliki dua ruas utama, yang mana satu digunakan sebagai penahan beban, serta yang satunya lagi digunakan untuk mengurangi kekencangan beban. Simpul ini harus dikuasai oleh seorang Pramuka, dan sudah dikenalkan sejak masih golongan Siaga. 


sumber : dok.pribadi

Simpul double fisherman knot atau simpul nelayan, adalah simpul dasar terakhir yang harus dikuasai. Simpul ini bisa digunakan untuk menyambung dua ujung tali yang sama besarnya. Kelebihan dari simpul ini adalah tahan beban berat. Namun, apabila sudah terikat dengan kencang dalam waktu yang lama, akan sangat sulit untuk melepasnya dan memerlukan banyak tenaga. 


Itulah 5 simpul dasar yang harus dikuasai oleh seorang Pramuka. Kegunaan dari masing-masing simpul tersebut pada dasarnya bukanlah hal baku atau sebuah keharusan. Seorang Pramuka bisa saja berimprovisasi seturut kreatifitasnya dan kondisi tertentu di lapangan. Tidak menutup kemungkinan bahwa Pramuka itu sendiri dapat menciptakan simpul baru dari pengembangan simpul dasar ini. Salam pramuka!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.