Beberapa Keuntungan Menjadi Pramuka

 

Sumber : pramuka.or.id

GUBUKBERKISAH.MY.ID- Pramuka adalah organisasi kepanduan yang telah eksis berdiri sejak 1961. 

Meski demikian, geliat kegiatan kepanduan sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka, dan menjadi wadah alternatif pendidikan non-formal. 

Praja Muda Karana atau Pramuka memiliki makna orang muda suka berkarya. Ungkapan ini disampaikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX ketika perintisan Gerakan Pramuka.

Harapannya anggota Kepanduan Pramuka dapat menjadi generasi penerus bangsa yang gemar berkarya membangun negara. 

Selain itu, Pramuka adalah organisasi yang fokus pada pengembangan berbagai macam kemampuan. Beirkut beberapa keuntungan menjadi anggota Pramuka.

1.       Belajar Bersosialisasi dan Mendapat Relasi

Dengan mengikuti organisasi Pramuka, secara otomatis seseorang akan bertemu dengan individu lain yang juga ikut masuk ke dalam organisasi. 

Secara tidak langsung akan terjalin komunikasi antar individu dan kemudian tidak menutup kemungkinan menjalin relasi. 

Keuntungan ini sangat berdampak dalam berbagai lini kehidupan. Dengan bertemu berbagai macam orang dengan banyak macam latar belakang, otomatis individu akan ikut berkembang dan belajar bersosialisasi dengan baik.

2.       Menguasai Basic Life Skill

Porsi latihan dan materi kepanduan yang disusun oleh Baden Powell lebih dari satu abad yang lalu menitik beratkan pada materi-materi yang membekali anggotanya agar dapat hidup di berbagai kondisi.

 Kemampuan itu antara lain kemampuan adaptasi, navigasi, bertahan hidup, memasak, menjahit, dan kemampuan lain yang tidak diajarkan secara langsung di satuan pendidikan formal. 

Selain itu, diajarkan juga sopan santun serta adab dalam bertingkah laku melalui dharma dan satya yang menjadi pedoman tindak tanduk seorang Pramuka.

3.       Berpikir Kritis dan Dinamis Menghadapi Perubahan Kondisi

Organisasi berarti kumpulan manusia yang berkumpul. 

Otomatis perlu adanya mufakat untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi. Tentu saja tidak mudah menyatukan pendapt dari banyak orang. 

Disinilah seorang Pramuka dituntut untuk dapat berpikir kritis dan dinamis menghadapi berbagai macam kondisi yang bisa terjadi dan bisa berubah sewaktu-waktu.

4.       Menemukan Skill Lain di Luar Kepramukaan

Pramuka tidak terbatas hanya seputar Scouting Skill atau Teknik Kepramukaan. 

Diluar itu ada banyak skill yang bisa dikembangkan. Beberapa contohnya seperti multimedia, jurnalisme, editor, mengelola website, menulis, menjadi penyelenggara kegiatan, manajemen, dan lain-lain.

5.       Menjalin Kerjasama Dengan Berbagai Sektor

Poin kelima masih memilik keterkaitan erat dengan poin pertama. 

Dengan menjalin relasi yang mulanya bertujuan untuk kesepekatan antar organisasi, bisa saja berubah menjadi rekan kerja yang membawa keuntungan di luar organisasi. 

Salah satu contohnya ketika dapat mengenal banyak tokoh-tokoh penting, dan melakukan lobi-lobi yang positif untuk kepentingan bersama.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.