Ini Berbagai Macam Fungsi Tongkat Pramuka

Tongkat menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan Pramuka. Sejak awal berdirinya kepanduan pada 1908 hingga kini, Pramuka diseluruh dunia selalu membawa tongkat ketika berkegiatan di alam terbuka. Bukan sekedar aksesoris belaka, ini beberapa fungsi dan kegunaan tongkat Pramuka :

1. Sebagai Trekking Pole
Ya, fungsi paling mendasar dari tongkat Pramuka adalah sebagai trekking pole atau tongkag pemandu berjalan. Pramuka sering melakukan aktifitas hiking atau berjalan ketika berkegiatan di alam bebas. Tentu pada medan tertentu dibutuhkan keseimbangan lebih untuk tetap mempertahankan posisi tubuh saat berjalan. Tongkat Pramuka digunakan sebagai penyeimbang tersebut. 

2. Berguna Untuk Mengusir Hewan Buas
Tongkat Pramuka bisa digunakan untuk pertahanan diri dari serangan hewan buas. Terlebih bila dikombinasikan dengan pisau pandu, maka lengkap sudah sebagai alat pertahanan diri. Alam terbuka menyimpan berbagai macam flora dan fauna. Tidak terkecuali hewan liar yang hidup mendiaminya. Pramuka ketika beraktifitas di hutan, tentu memiliki resiko lebih bertemu hewan buas.
3. Membuat Alat Bantu Serbaguna
Tongkat bila dipadukan dengan kemampuan tali temali akan menghasilkan alat bantu serbaguna yang bisa membantu kehidupan sehari-hari ketima berada di alam bebas. Sebut saja pioneering. Banyak hal yang bisa dibuat seperti rak, kaki tiga, gantungan baju, jembatan, dll. Namun, untuk menghasilkan alat bantu tersebut seorang Pramuka hendaknya memiliki kemampuan improvisasi yang tinggi. 

4. Menjadi Alat Ukur Darurat
Tongkat Pramuka dapat digunakan sebagai alat ukur darurat dengan metode menaksir. Baik menaksir tinggi sebuah pohon, menaksir arus air, hingga mengukur petak kemah. 

5. Sebagai Tiang Tenda
Tongkat Pramuka bisa dimanfaatkan untuk membuat shelter. Banyak model tenda yang memerlukan bantuan tiang penyangga, contohnya duplex tent, hexagonal tent, maupun triangle tent. 

Itulah beberapa macam fungsi tongkat Pramuka. Lebih dari yang disebutkan di atas, Pramjka bisa berimprovisasi untuk mendapatkan lebih banyak lagi kegunaan dari tongkat Pramuka. 
Salam Pramuka!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.