Ini Organisasi Kepanduan di Indonesia Selain Pramuka, Ada Yang Sudah Satu Abad!

 

Sumber : pinterest.com

GUBUKBERKISAH.MY.ID - Organisasi Kepanduan di Indonesia pernah sangat beragam, khususnya di era sebelum 1961. Pada era tersebut setiap golongan maupun komunitas bebas mendirikan organisasi kepanduan.

Cukup banyak Organisasi Kepanduan yang pasca 1961 ikut meleburkan diri dengan Gerakan Pramuka.

Meski begitu, masih ada Organisasi Kepanduan di Indonesia yang tidak meleburkan diri dengan Gerakan Pramuka dan masih eksis berdiri hingga sekarang.


Pathfinder



Organisasi kepanduan ini merupakan organisasi pandu berhaluan agama. Basis Pathfinder berasal dari anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh dan berkutat pada pelayanan umat gereja mereka.

Organisasi Pathfinder telah berdiri sejak 1907, dan fokus pada pengembangan karakter anak muda gereja, mempelajari teknik berkemah, kemandirian, dan juga pelayanan ibadah gereja.



Pathfinder juga memiliki kegiatan pertemuan besar bernama Campore, mirip dengan Jambore di Pramuka. Salah satu ciri khas dari seragam Pathfinder adalah berwarna kuning gading dengan setangan leher berwarna kuning cerah.

Sebagaimana dilansir tim gubukberkisah.my.id dari akun Instagram @camporee.id, pertemuan besar Pathfinder yang ketiga, rencananya akan dilaksanakan pada 26 Juni hingga 2 Juli 2023 di Buperta Cibubur, Jakarta Timur.

Sekarang ini, Pathfinder masih aktif berkegiatan khususnya di sekolah-sekolah yang tergabung dalam Yayasan Pendidikan Advent.

Hizbul Wathan



Organisasi kepanduan ini juga berhaluan agama yang berdiri sejak tahun 1918 di Yogyakarta. Hizbul Wathan adalah organisasi kepanduan yang berada di bawah naungan organisasi masyarakat Islam Muhammadiyah.

Ciri khas dari kepanduan ini adalah seragam hijau lumut dengan celana lapang berwarna biru donker. Tidak lupa setangan leher berwarna hijau, dengan lambang Hizbul Wathan.

Organisasi Hizbul Wathan memiliki nama resmi Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan. Salah satu tokoh terkenal dari kepanduan ini adalah pahlawan nasional sekaligus Panglima TNI pertama yaitu Jenderal Sudirman.

Saat ini Hizbul Wathan menjadi organisasi kepanduan kedua terbesar di Indonesia, dengan basis utamanya adalah sekolah-sekolah di bawah naungan Muhammadiyah.

Boy’s Brigade atau Putra Pengabdi

Sumber : Quizzz.com


BB alias Boys Brigade pada dasarnya adalah organisasi brigade pemuda yang berdiri sejak tahun 1883. Pendiri dari Putra Pengabdi (terjemahan Bahasa) adalah Sir William Alexander Smith, yang mana juga seorang kawan dekat dari Sir Robert Baden Powel pendiri kepanduan dunia.

Awalnya BB berkutat pada pembentukan karakter pemuda-pemuda sekolah laki-laki. Alexander Smith berkeinginan untuk menggembleng mental pemuda gereja yang mana pada saat itu cukup banyak kasus kenakalan remaja.

Sumber : wikipedia.com


BB kemudian terus berkembang hingga masuk ke Indonesia pada tahun 1984 lewat perantara dari seorang anggota BB Singapura. Titik awal berkembangnya BB di Indonesia bermula dari undangan Gereja Methodist Medan yang mengundang utusan BB dari cabang Singapura.

Saat ini Boys Brigade atau Putra Pengabdi Indonesia memiliki 2 Wilayah besar yaitu Wilayah I Sumatera yang memiliki 8 cabang aktif, dan Wilayah II Jawa yang memiliki 10 cabang aktif.***



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.