Mendaki Gunung Gamping Tawangmangu Karanganyar

Gunung Gamping merupakan salah satu lokasi wisata yang terdapat di Kabupaten Karanganyar. Tempat ini menjadi primadona wisatawan untuk melihat pemandangan luas area sekitar Matesih dan Tawangmangu dari puncaknya. 
Untuk sampai ke lokasi, Anda bergerak dari Solo mengambil arah menuju Karanganyar lalu lanjutkan melalui jalur Tawangmangu via Matesih. Gunung Gamping terletak di desa Jabalkanil, Tawangmangu. Dari pinggir jalan raya Solo-Tawangmangu via Matesih puncak Gunung Gamping sebenarnya dapat terlihat dengan jelas. 
Belum terdapat pos registrasi resmi disini, namun sudah tersedia parkiran beratap seng tepat sebelum tangga menuju puncak.  Pengunjung biasanya ditarik retribusi masuk oleh warga sekitar. Harga tiket masuk hanya 5.000 rupiah itupun sudah termasuk karcis parkir. Setelah membayar retribusi, di awal Anda akan langsung disuguhkan tangga berjajar naik ke atas hingga mencapai toilet. Selanjutnya medan tanah bercampur pasir kerikil akan menyambut Anda. 
Untuk sampai ke puncak, Anda harus sedikit merayap karena jalur cukup curam dan berkontur bebatuan kapur. Inilah yang menjadi alasan kenapa disebut sebagai Gunung Gamping. Saat sampai di puncak, medan terjal batuan kapur semakin rapat. Perlu diperhatikan bahwa faktor kemanan disini menjadi tanggung jawab masing-masing individu. 
Sesampainya di puncak, wisatawan akan disuguhkan pemandangan luas wilayah Matesih dan Tawangmangu. Bila cuaca cukup cerah, anda bisa melihat Gunung Lawu di sebelah timur dan Gunung Merapi, Merbabu di sebelah barat. 

Tepat di bawah puncak, tersapat gazebo yang dapat digunakan sebagai shelter berlindung dan beberapa ruang untuk mendirikan tenda. Total waktu tempuh perjalanan dari parkiran sampai puncak hanya memakan waktu 30 menit. Sangat pas bagi kalian pemula yang mau mencoba mendaki gunung kecil-kecilan. 

Tidak disarankan melakukan pendakian saat kondisi hujan, ini dikarenakan kondisi terbuka yang ada di puncak yang mempunyai resiko tersambar petir. 
Fasilitas lain yang semakin membuat nyaman adalah adanya toilet yang cukup bersih. Sumber air juga disediakan di kran air dekat gazebo. Gimana tertarik mengunjungi Gunung Gamping?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.