Mengenal Lebih Dekat Satuan Pramuka Peduli

Sumber : dok.pribadi/Nino Sativara

GUBUKBERKISAH.MY.ID- Pramuka Peduli merupakan satuan potensi relawan milik Gerakan Pramuka yang berfokus pada kegiatan lingkungan hidup, pengembangan sumber daya manusia, dan penanggulangan bencana. Satuan ini telah digagas sejak 1997 oleh Kwartir Nasional, namun penyempurnaan dan strukturisasi organisasinya baru dikukuhkan pada 2007 yang lalu. 
Sebelum adanya Pramuka Peduli, sejumlah Kwartir Daerah tercatat pernah mendirikan satuan potensi relawan masing-masing di wilayahnya. Beberapa contohnya semisal Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) yang dimiliki oleh Kwarda Jawa Tengah, SAR Pramuka BPP Makassar, dan Brigade Penolong Jawa Timur. Untuk mempermudah konsolidasi dan komunikasi yang jelas antar satuan dalam sebuah kondisi kebencanaan, maka Pramuka Peduli menjadi wadah pemersatu dari beragamnya satuan relawan yang dimiliki Pramuka. 
Salah satu momen pemicu adanya kemunculan Pramuka Peduli adalah ketika bencana Tsunami Aceh, 2004 silam. Saat itu, beberapa anggota Pramuka turut serta membantu penanganan bencana yang sedang terjadi dengan membawa jargon "Pramuka Peduli". Dari sanalah kemudian berkembang dan memotori munculnya satuan Pramuli di seluruh Indonesia.
Usia keanggotaan Pramuka Peduli tak terbatas mulai dari anggota muda dan anggota dewasa. Namun bila merujuk Perka BNPB terkait usia mininum sukarelawan di medan bencana adalah 17 tahun. Golongan dalam usia tersebut ialah Penegak. Meski demikian, golongan di bawahnya masih dapat ikut berpartisipasi aktif melalui bentuk-bentuk dukungan lain untuk membantu pemulihan pasca bencana.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.