Pentingnya Membawa Everyday Carry Bagi Pramuka

EDC atau Everyday Carry merupakan kumpulan peralatan ringkas yang berguna dalam berbagai kondisi. EDC merujuk artian yang setiap hari dibawa atau sederhananya peralatan yang sehari-hari dibawa. EDC berisi kit peralatan seperti alat jahit, P3K, pisau multiguna, senter, dll. Tidak ada ketetapan pasti isi EDC, karena setiap orang bisa menyusun kit EDC sesuai kebutuhan pribadinya masing-masing. 
Pramuka meski berbasis kegiatan di alam terbuka, pada umumnya sehari-hari tetap beraktifitas di medan perkotaan. Meski teknik survival di alam terbuka sering diajarkan, banyak Pramuka masih gagap menghadapi kondisi darurat di perkotaan.
Beberapa tahun lalu, Kwartir Daerah Jawa Barat mengkampanyekan Urban Scouting. Ini merupakan hal bagus. Salah satu aspek Urban Scouting adalah masalah kedaruratan dan kondisi bahaya yang timbul dalam kehidupan perkotaan. 
EDC kit sangat berguna untuk menghadapi kondisi demikian. WOSM (World Organization of Scouts Movement; organisasi kepanduan dunia) sendiri pernah bekerja sama pada 2009 yang lalu bersama perusahaan multitool Wenger untuk membuat pisau multitool bagi Pramuka. Pisau multitool tersebut diberi nama seri kepanduan dunia atau "World Scout Official Knife". Hal ini perlu diapresiasi. 
Meski begitu, diperlukan edukasi yang terukur bagi setiap Pramuka. Tentunya pisau multitool atau multiguna merupakan benda tajam yang memerlukan kebijaksanaan dalam penggunaannya. Bila merujuk panduan yang tercantum pada UK Scouts seorang Pembina atau Scout Leader memegang peranan penting untuk mengontrol penggunaan pisau bagi pasukannya. 
Pisai harus ditempatkan sebagai alat dan bukan sebagai senjata serang maupun senjata beladiri. Dengan demikian, pisau pandu atau pisau Pramuka dapat dipergunakan sebagaimana mestinya untuk menangani kondisi darurat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.