Peralatan Pramuka Era Lawas, Lengkap Lho!

Para Pandu atau Pramuka, sejak dulu memiliki kit peralatan individu yang terbilang cukup lengkap. Pada masa awal kepanduan, beredar pamflet list perlengkapan seorang Pandu. Apa saja sih isinya? Simak selengkapnya. 

1. Topi Pandu
Topi pandu atau scouts hat berguna untuk melindungi Pramuka dari sengatan sinar matahari. Topi pandu di era awal berbentuk melengkung lebar sehingga dapat menutupi sinar matahai hampir sepundak. Saat ini, Pramuka mengganti topi pandu tersebut dengan baret dan topi boni. 

2. Scraft atau Setangan Leher
Neckerchief, Scraft, atau setangan leher merupakan ciri khas dari seragam Pramuka. Pada artikel Ini Lho Fungsi Setangan Leher Pramuka sudah dibahas lengkap mengenaj kegunaan dari setangan leher ini. 

3. Kaos Kaki
Kaos kaki pandu pada era jadul tingginya hampir se lutut. Ini berfungsi untuk menghindarkan iritasi kulit saat menembus belantara yang memiliki vegetasi masih rapat. 

4. Pakaian dan Celana
Seragam pandu waktu itu memiliki bahan yang cepat kering. Mudah ditemukan, dan tentunya tidak membuat gerah pemakainya.

5. Sabuk
Sabuk atau ikat pinggang juga perlu dibawa oleh seorang pandu. Selain bisa digunakan untuk mengencangkan celana, sabuk bisa digunakan sebagai tali darurat apabila dibutuhkan

6. Tali pundak
Tali pundak atau yang saat ini lebih dikenal dengan tali koor berguna untuk mengikat peluit. Selain itu, apabila terjadi kedaruratan, tali pundak bisa diurai dan digunakan sebagai tali darurat.

7. Tongkat
Fungsi dan kegunaan tongkat bisa kalian cek pada artikel Ini Berbagai Macam Fungsi Tongkat Pramuka

8. Bendera regu
Bendera regu adalah identitas. Selain itu bendera regu bisa digunakan sebagai pengirim sinyal visual apabila diperlukan

9. Tas sandang
Tas sandang digunakan untuk memudahkan Pramuka membawa berbagai macam peralatan.

10. Pisau Pandu
Perlengkapan pisau merupakan hal yang cukup penting. Kegiatan di alam terbuka banyak membutuhkan peranan penting dari pisau. 

11. Alat masak
Peralatan masak seperti nesting, parafin dahulunya merupakan bagian wajib yang harus dibawa oleh seorang pandu.

12. Alat navigasi
Untuk mengurangi resiko disorientasi medan, maka alat navigasi diperlukan. Selengkapnya ada pada artikel Peralatan Navigasi Darat

13. Buku panduan atau Buku Saku
Buku panduan atau buku saku berisi kiat kiat dan tips selama berkegiatan di alam terbuka. Ini bertujuan untum membantu pramuka ketika berkegiatan di alam bebas.

14. Bendera sinyal
Peralatan terakhir adalah bendera sinyal. Bendera sinyal bisa berupa bendera morse dan semaphore yang berguna sebagai alat komunikasi menggunakan sandi. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.