Pertikara Nasional 2022

GUBUKBERKISAH.MY.ID- Setelah beberapa kali mengalami penundaan, Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Nasional ke IV akhirnya resmi diadakan. Pertikara Nasional 2022 ini dilaksanakan mulai tanggal 14 November 2022 hingga 18 November 2022. 

Kegiatan yang diikuti oleh 1600 peserta dari 34 perwakilan Kepolisian 
Daerah seluruh Indonesia ini resmi dibuka oleh Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Hary Sudwijanto pada Senin, 14 November 2022 yang lalu di lapangan Bumi Perkemahan Gandus, Palembang, Sumatera Selatan. 

Pada pembukaan kali ini turut hadir pula Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso. 

Pada kesempatan kali ini, Polda Jawa Tengah turut mengirimkan kontingen berjumlah 32 anggota Saka Bhayangkara pilihan dari berbagai Kota/Kabupaten se-Jawa Tengah. 

Salah satunya ialah Arfian 
Chandra, anggota Saka Bhayangkara Polresta Surakarta ini berkesempatan untuk masuk ke dalam kontingen Polda Jawa Tengah. 

Arfian, sebelumnya tidak menyangka akan berangkat menuju Palembang untuk mengikuti Pertikara Nasional. 

Pasalnya, kegiatan 5 tahunan Saka Bhayangkara itu 
sempat tertunda beberapa kali semenjak penyelenggaraan yang terakhir pada 2005. 

Usai dilepas dari halaman Mapolda Jateng, kontingen Saka Bhayangkara Polda Jawa Tengah bergerak menuju lokasi perkemahan. 

“Untuk perjalanan ditempuh selama satu hari, satu malam. Dari Polda Jateng ke Buper Gandus.”, ujar Arfian. 

Ia juga menerangkan bahwa selama Pertikara Nasional berlangsung kegiatan difokuskan kepada pembangunan fasilitas umum, pengabdian masyarakat, dan pendalaman krida. 

Salah satu kegiatan yang menarik menurutnya adalah ketika peserta turut gotong royong dalam membantu renovasi sebuah masjid di perkampungan masyarakat. 

Selain itu, dalam rangkaian acara Pertikara Nasional ke IV ini, peserta juga disuguhkan penampilan Geisha, band terkenal ibukota yang berkesempatan hadir dan menghibur peserta perkemahan. 

Pada materi pendalaman krida, setiap peserta mendapatkan kesempatan untuk menguji kemampuan dan mendapatkan materi baru dari pelatih-pelatih profesional di kepolisian. 

Kegiatan Pertikara Nasional ke IV ini resmi ditutup pada 18 November 2022 oleh Sekjen Kwarnas Kak Mayjen TNI (Purn) Bachtiar Utomo mewakili Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso. 

Pada pidato penutupannya, Kak Bachtiar menyampaikan bahwa demi menghadapi bonus demografi 2045 mendatang, melalui Pertikara Nasional ini anak-anak muda disiapkan dan dibekali berbagai kemampuan yang akan menjadi pengalaman. 

Sehingga kemudian hari dapat mengimplementasikan ke dalam berbagai macam karya. Sampai jumpa pada gelaran Pertikara Nasional berikutnya, Salam 
Pramuka!.***

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.