5 Tempat Kemah Asyik di Karanganyar

Ilustrasi berkemah. (Sumber: pixabay.com)


GUBUKBERKISAH- Berkemah merupakan kegiatan yang lekat dengan kegiatan kepramukaan. Selain menjadi sarana berlatih dan belajar, berkemah juga merupakan sarana hiburan yang menarik bagi banyak orang. 

Sebagai wilayah yang subur dan lestari, Kabupaten Karanganyar memiliki bentang alam yang indah dengan berbagai macam lokasi menarik untuk berkemah. 

Berada di sebelah barat Gunung Lawu, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Karanganyar diberkahi keindahan alam yang menarik untuk dinikmati. 

Berikut 5 tempat kemah asyik di Kabupaten Karanganyar yang bisa menjadi referensi Anda untuk berkemah bersama pangkalan, keluarga, maupun teman dekat. 

1. Bumi Perkemahan Pleseran Tawangmangu 

Buper Pleseran, Tawangmangu. (Sumber: FB Buper Pleseran)


Berada di ketinggian 1100 mdpl, Bumi Perkemahan Pleseran berjarak 2 kilometer dari Pasar Tawangmangu. 

Akses menuju lokasi ini berupa jalan aspal yang berkelok. Selepas dari pasar bunga, Anda akan melewati jalur sebidang, dengan jalan cor menuju ke pintu bumi perkemahan. 

Buper Pleseran menawarkan pengalaman berkemah yang berada di lembahan, dengan Telaga Asmara yang berada di dekat aliran sungai kecil dari perbukitan selatan Gunung Lawu. 

Dengan harga tiket masuk Rp 15 ribu, pengunjung juga bisa menyewa Jeep wisata untuk mengelilingi daerah perbukitan di sekitarnya. 

2. Taman Hutan Raya Mangkunegara I Ngargoyoso 

Tahura KGPAA Mangkunegara I. (Sumber: Disporapar Karanganyar)


Tahura Mangkunegara I berada di Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. 

Taman hutan ini dikelola oleh Perum Perhutani dan menawarkan lokasi kemah yang tenang dengan kerapatan vegetasi hutan yang masih terjaga. 

Berada tepat di atas Candi Sukuh, Tahura Mangkunegara I ini mempunyai wilayah yang luas dengan akses jalur yang juga terhubung sampai dengan Air Terjun Parang Ijo, Ngargoyoso.  

Biaya masuk ke Tahura juga terbilang sangat murah. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk di pintu gapura seharga Rp 5 ribu saja, itu pun sudah termasuk asuransi. 

3. Tawangmangu Wonderpark  

Tawangmangu Wonderpark. (Sumber: TripKu)


Tawangmangu Wonderpark merupakan tempat berkemah yang berada di Jalan Ombang-Ombang, Blumbang, Tawangmangu. 

Tempat ini cocok bagi kalian yang hendak berkemah bersama keluarga. Selain karena berbagai macam fasilitas yang sudah tersedia seperti kantin, kamar mandi, hingga ketersedian listrik, Tawangmangu Wonderpark juga terdapat kolam renang yang bisa digunakan. 

Untuk dapat berkemah di Tawangmangu Wonderpark, pengunjung harus membayar tiket seharga Rp 20 ribu untuk satu malam berkemah. 

Berada di ketinggian 1200 mdpl, udara sejuk, dan kontur geografis yang cenderung berada di punggungan membuat Tawangmangu Wonderpark selalu ramai di akhir pekan. 

4. Sekipan Camp 

Sekipan Camp. (Sumber: Perhutani Karanganyar)


Bumi Perkemahan Sekipan berada di area hutan Kalisoro, Tawangmangu. 

Dengan tiket seharga Rp 15 ribu, pengunjung dapat menikmati area buper yang luas dengan jalur setapak yang dapat membawa pengunjung sampai ke Curug Kenthongan. 

Selain itu, sudah terdapat berbagai macam sarana pendukung seperti lampu penerangan, kamar mandi, kantin, hingga gubuk-gubuk glamping yang bisa Anda sewa. 


5. Camp Ground Bukit Mongkrang 

Camp Mongkrang. (Sumber: Istimewa)


Berada di kaki Bukit Mongkrang dengan ketinggian 1300 mdpl, Camp Ground Bukit Mongkrang menawarkan tempat berkemah yang menyenangkan. 

Pengunjung dapat mendaki ke Bukit Mongkrang hingga mencapai Puncak Candi 1 dalam waktu 1 sampai dengan 2 jam. 

Selain itu, di tapak kemah sudah banyak penjual yang menjajakan makanan ringan. 

Tersedia jga fasilitas kamar mandi, listrik, hingga pengolahan sampah di dekat basecamp. 

Harga Tiket Masuk (HTM) untuk berkemah dibanderol Rp 20 ribu saja perorang. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.