Urban Suvival : Perlengkapan Individual First Aid Kit (IFAK) di Perkotaan

Ilustrasi IFAK Set. (Sumber: NAR Discover6)


GUBUKBERKISAH- Urbanisasi yang masif terjadi saat ini, menuntut masyarakat untuk mengenal berbagai macam resiko di perkotaan. 

Sekalipun tampak aman dengan banyaknya fasilitas yang ada, layaknya gunung hutan, perkotaan tetap mengandung resiko bahaya yang mungkin terjadi. 

Beberapa resiko tersebut antara lain kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, hingga bencana alam seperti banjir, reruntuhan bangunan karena gempa, dan merebaknya virus. 

IFAK (Individual First Aid Kit) atau yang lebih kita kenal dengan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) menjadi penting untuk dipersiapkan. 

Mengingat resiko perkotaan yang mungkin saja terjadi di sekitar kita, berikut beberapa perlengkapan yang perlu dimasukkan ke dalam daftar isi P3K Anda. 

Perlengkapan Penanganan Luka Lecet atau Robek 

1. Plester luka. 

2. Kassa. 

3. Povidone Iodine. 

4. Perban Cepat.

Perlengkapan Penanganan Luka Bakar 

1. Salep luka bakar seperti Bioplacenton atau Sulfadiazine Silver.

2. Burn Dressing atau Plester Luka Bakar berbahan jelly (berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit yang terbakar).  

Perlengkapan Penanganan Pendarahan 

1. Turniket 

2. Perban Elastis 

3. Kassa 

4. Penutup luka Hemostatic 

Perlengkapan Penanganan Patah Tulang 

1. Kain mitela 

2. Bidai Elastis  

Tambahan 

1. Sarung tangan latex 

2. Gunting medis 

3. Gel antiseptik 

4. Pinset 

Obat-obatan pribadi dapat dimasukkan sesuai preferensi atau kebutuhan perorangan. Perlu dipahami bahwa penggunaan obat pribadi harus sesuai anjuran dokter atau pada instruksi penggunaan pada lembar informasi obat. 

Itulah perlengkapan Individual First Aid Kit (IFAK) yang dapat Anda jadikan referensi. Selain mempersiapkan perlengkapan, ada baiknya untuk juga mempelajari kemampuan pertolongan pertama, sehingga peralatan P3K tersebut dapat digunakan sesuai peruntukkannya dan tepat sasaran. ***

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.